Cara Membedakan Madu Asli atau Palsu

Cara membedakan madu asli atau palsu paling 100% akurat adalah tes laboratorium. Tapi ada beberapa tes sederhana yang bisa dijadikan acuan untuk dilakukan sendiri. Cara uji madu asli atau palsu paling sederhana yang tergolong mendekati akurat kebenarannya. Cara Uji / tes sederhana ini masih tergolong ampuh dan belum bisa ditembus oleh pemalsu madu.

  1. Uji madu Asli dengan dipanaskan
    Ambil madu dengan sendok logam, kemudian nyalakan lilin dibawah madu yang ada di sendok logam tersebut.
    Hasil:

    • Madu asli: madu akan berubah warna menjadi coklat pekat, buihnya akan meluber ke luar sendok (tumpah).
    • Madu Palsu: madu palsu akan berubah warna dan mengeluarkan buih tetapi buih madu palsu tidak sampai keluar dari sendok (tidak tumpah).
  2. Uji madu Asli dengan Ikan
    Rendam daging ikan segar dengan madu di dalam botol yang tertutup rapat. Diamkan selama 2 minggu
    Hasilnya:

    • Madu asli: ikan akan menjadi kecil dan pucat tetapi tidak berbau
    • Madu Palsu: ikan berukuran tetap, warna berubah menjadi hitam dan aromanya busuk

Cara Uji / Test Madu Asli Yang Tidak Bisa Dipercaya Akan Kebenaran Hasilnya

Beberapa cara membedakan madu asli atau palsu di bawah ini adalah rumor salah kaprah yang terlanjur berkembang baik di masyarakat.

  1. Tes madu asli dengan telur yang berubah setengah matang
    Cara Pengetes atau menguji Madu Asli atau PalsuYaitu mencampur telur kedalam madu lalu dikocok. jika kuning telur berubah menjadi setengah matang maka dianggap madu asli. Yang sebenarnya terjadi adalah penggumpalan atau Koagulasi. Hal ini karena madu adalah asam dan kuning telur adalah protein. Protein yang dicampur dengan asam akan menggumpal, sehingga telur akan terlihat matang, yang sebenarnya ter-koagulasi.
    Faktanya hal ini tidak sepenuhnya benar karena produsen madu palsu mengakali dengan menambahkan cuka pada madu sehingga tingkat keasamanya tinggi, hal ini yang menyebabkan kuning telur menjadi setengah matang.
  2. Madu asli tidak dirubung semut
    madu asli dikerumuni semutIni adalah salah satu rumor yang sangat berkembang baik di masyarakat luas. Uji madu asli dirubung semut, ini jelas kesalahan fatal. Madu memiliki kandungan glukosa alam yang bagus, sehingga memiliki rasa yang manis, tentu saja hal ini disukai oleh semut. Untuk lebih jelasnya, silakan baca artikel: Madu Asli Tidak Disemuti, Benarkah?
  3. Madu Murni tidak membeku di dalam fresher
    Tes / uji ini tidak bisa 100% benar. Kita bisa tinjau kembali bentuk pembekuannya seperti apa. Beberapa orang yang membeli madu dengan merek ternama berlabel 100% murni mungkin pernah mengalami madu yang disimpannya di kulkas membeku dan terlihat ada 2 level yang memisah. Ini bisa jadi terjadi pemisahan madu murni dan campurannya.
    Untuk madu murni (raw honey) juga bisa mengkristal (beku) tapi pembekuannya tidak sampai memperlihatkan 2 level yang berbeda.

    17-22 % kandungan yang ada dalam madu adalah air. Biasanya pada madu asli apabila dimasukkan ke dalam freezer/ kulkas akan mengalami dua keadaan. Yang pertama adalah Viskositas dan yang kedua adalah Granulasi.

    Viskositas adalah derajat kekentalan suatu zat yang dipengaruhi oleh dua zat yang berbeda kekentalan, suhu dan koloid. Dalam kasus madu ini apabila madu dalam kondisi suhu kamar (21 – 27 derajat celcius), maka glukosa yang ada dalam madu akan diikat oleh air sehingga terlihat agak encer. Akan tetapi apabila semakin rendah suhu tersebut, justru akan terjadi sebaliknya yaitu air yang ada didalam madu tersebut yang diikat oleh glukosa. Sehingga penampilan madu seakan berobah menjadi sangat kental. kadangkala pada dasar botol akan terlihat butiran kristal yang menunjukkan terjadinya pembekuan air, hal ini terjadi karena glukosa tidak mampu untuk mengikat seluruh air yang terdapat dalam madu sehingga air tersebut mengalami pembekuan di dalam madu, hal ini bisa terjadi apabila volume air yang ada dalam madu ternyata lebih besar dari jumlah air yang mampu diikat oleh glukosa.

    Tapi ada kalanya juga pada madu terjadi granulasi. Hal ini bisa terjadi apabila madu terlalu lama (sampai berbulan-bulan) disimpan didalam kulkas/freezer dan cara penyimpanannya juga tidak benar. Apabila terjadi granulasi, madu akan terlihat seperti membeku dan Warna nya pun berubah menjadi cream seperti ada campuran tepung didalamnya. Anda jangan terburu buru menghukum kalau madu ini palsu, karena dalam hal ini telah terjadi perubahan fisika, yaitu berobahnya wujud suatu zat tanpa merobah sifatnya.

    Granulasi adalah proses pembentukan butiran-butiran kecil (kristal) yang berisi cairan sel. Granulasi terjadi di mana kadar glukosa dalam madu lebih tinggi dibanding fruktosa, oleh sebab itu madu menghasilkan kristal-kristal yang lembut. Untuk menghilangkan kristal atau granulasi madu, bukalah tutup botolnya lalu rendam dalam air hangat bersuhu 60 derajat Celcius hingga madu mencair atau kembali kepada kondisi semula. Setelah kristalnya hilang, madu dapat dikonsumsi tanpa khawatir kehilangan khasiatnya.

    Karena Madu Yang Asli Tidak Bisa Membeku Dalam Kulkas, Bagaimanakah Cara Membedakan Madu Yang Ter-Granulasi Dengan Yang Benar-Benar Membeku?

    Caranya sangat mudah. Ketika anda mendapatkan madu anda seakan mengalami pembekuan di dalam kulkas/freezer anda, maka letakkan madu tersebut pada suhu ruangan (21 – 27 derajat) dalam beberapa jam. Madu yang tergranulasi tidak akan berubah sifatnya (tetap seperti membeku) walau didiamkan dalam beberapa minggu, dan kalau diaduk maka anda akan merasakan butiran-butiran kristal yang sangat halus. Akan tetapi madu palsu akan kembali mencair dalam beberapa jam, dan kalau anda aduk maka akan terasa bongkahan-bongkahan es didalamnya.

  4. Uji madu dengan tes kertas Koran
    Cara membedakan Madu Asli atau PalsuUji test dengan menyaring madu dengan koran, jika merembes palsu. Test ini kurang tepat, yang benar tes ini untuk menguji kadar air dalam madu. Madu mempunyai kadar air itu sudah pasti, banyak tidaknya kadar air pada madu asli tergantung asal madu, kalau dari timur tengah biasanya pekat karena suhunya panas, madu dari negara bersuhu dingin juga pasti kadar airnya tinggi. Apalagi bila pemanenan madu terjadi disaat musim hujan, tentu kadar air madu akan cukup tinggi.
  5. Tes madu asli dengan Menggunakan Korek Api
    Cara ini tidak 100% benar. Batang korek api yang dimasukkan ke dalam larutan madu beberapa lama. Sesudah itu kita ambil dan korek tersebut kita pantikkan dengan kotak korek. Kalau korek tersebut masih bisa menyala maka madu yang kita uji adalah asli. Cara ini sebenarnya hamper mirip dengan Uji madu dengan tes kertas Koran. Ini hanya tes kadar air dalam madu. Bila kadar air tinggi, otomatis korek akan susah menyala.

Demikian beberapa cara membedakan madu asli atau palsu yang ada di masyarakat. Sebenarnya memilih penjual madu asli terpercaya itu sangat mudah. Anda cukup melihat testimoni dari pelanggan dari toko madu tersebut. Kami memiliki banyak pelanggan yang sudah berkali-kali order ke kami. Silakan cek di halaman TESTIMONI kami.



Pencarian populer: cara membedakan madu asli dan madu palsu, cara test madu asli atau palsu, cara memilih madu asli dan palsu, madu TJ asli atau palsu, test madu asli, tes madu asli dan palsu, cara mengetahui madu asli, tips memilih Madu asli, tips membedakan madu asli dan campuran, Cara membedakan madu asli dengan palsu, warna madu asli, mengetes madu yang benar, Cara mengenali madu asli, cara test madu asli dan palsu, cara menyaring madu, ciri madu asli tanpa campuran, cara membedakan madu asli dan tidak, beda madu asli dan palsu, cara test madu yang asli, cek madu asli, Cara memilih madu asli, cara melihat madu asli, tes madu murni, ciri madu murni, test madu asli atau palsu, madu telur, Tanda madu asli, ciri madu palsu, tips membedakan madu asli dan palsu, madu asli dan madu palsu




Penjualan Offline:
Jalan Bukit Beringin, Beringin Lestari,
Gondoriyo Ngaliyan, Semarang
Jawa Tengah - 50187


Pembayaran
Bank Mandiri
155 000 259 1561
a.n. Misra J

Bank BCA
871 5002 155
a.n. Widodo Dwi S

Bank BRI
1058 0100 256 5501
a.n. Widodo Dwi S

Bank BNI
0296 590 997
a.n. Widodo Dwi S